GROUPWARE

PENGERTIAN GROUPWARE
Groupware adalah aplikasi yang dibuat untuk mendukung kolaborasi bersama antar sekelompok pengguna dalam suatu lingkungan tertentu (Alan Dix,  1993).  Groupware mewakili software yang membantu kelompok kerja/kolega terhubung ke jaringan komunikasi untuk mengelola aktifitas mereka.  Operasi yang didukung antara lain: penjadwalan rapat dan alokasi sumberdaya, email, e-newsletter, distribusi file dan lain sebagainya.

MANFAAT GROUPWARE
Ada beberapa jenis manfaat yang didapat jika sebuah organisasi menggunakan software Groupware . Beberapa diantaranya adalah: 
§  Membantu meningkatkan komunikasi dalam sebuah tim baik komunikasi secara synchronous maupun secara asynchronous. 
§  Fasilitas sharing informasi dan distribusi dokumen, suatu tim dapat memanfaatkan banyak dokumen secara bersama melalui sistem yang mirip seperti file sharing . 
§  Dapat mengatur dan memonitor proyek-proyek yang ditangani oleh sebuah tim, dengan adanya fasilitas ini proyek yang besar dapat ditangani oleh seorang project manager yang mempekerjakan beberapa orang dalam suatu tim. 
§  Dukungan untuk mengatur alur kerja ( workflow ) dan membuat otomatis suatu proses, dengan fasilitas ini suatu proses bisnis yang melibatkan banyak bagian (orang) dapat ditangani secara elektronik. 

KLASIFIKASI GROUPWARE
Groupware dapat diklasifikasi dalam beberapa cara, salah satunya adalah dimana dan kapan seseorang peserta mengikuti kerja kelompok. Hal ini dapat diringkas dalam matriks time/space.

Keterangan:
§  Dimensi space dapat juga suatu dimensi secara geografis dan dibagi dalam co-located (tempat yang sama) dan remote (tempat yang berbeda). Contoh e-mail dan video conferencing yang bekerja pada jarak yang jauh.
§  Sumbu time dibagi menjadi system synchronous dan asynchronous. Contoh telepon merupakan komunikasi remote synchronous dan post-it notes merupakan suatu asynchronous co-located.

FASILITAS GROUPWARE
Beberapa fasilitas yang disediakan dalam aplikasi groupware ini antara lain:
1.       Internet Phone
Adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan setiap pengguna yang terkoneksi dalam jaringan dapat berbicara (bertelepon) dengan pengguna lainya dengan menggunakan komputer yang telah dilekapi dengan sound card dan microphone.
2.       Application Sharing
Adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan menggunakan seuatu program aplikasi secara bersama-sama dengan pengguna lain pada jaringan network tersebut.
3.       Clipboard Sharing
Adalah sebuah aplikasi yang akan mengkopy sebuah objek ke dalam clipboard yang kemudian dapat diambil oleh pengguna lainya yang terhubung dengan jaringan tersebut
4.       Transfer File
Adalah sebuah aplikasi yang dapat mengirimkan file atau dokumen ke satu orang pengguna atau beberapa pengguna sekaligus yang tergabung dalam sebuah jaringan komputer
5.       Whiteboard
Adalah sebuah aplikasi yang menggunakan sarana gambar untuk berkolaborasi. Semua pengguna bisa berpartisipasi dalam proses pembuatan gambar. Hasil setiap perubahan pada gambar akan terlihat secara langsung di komputer masing-masing.
6.       Chatting
Adalah sebuah aplikasi yang memnungkinkan seluruh pengguna melakukan percakapan secara langsung dengan menggunakan teks.
7.       Konference Audio and Video
Adalah sebuah aplikasi untuk berkomunikasi atau bercakap-cakap dengan audio (suara) dan video (gambar) secara langsung (realtime)
8.       Workflow System
Adalah sebuah sistem aplikasi yang melakukan bisnis proses secara otomatis dan didesign secara khusus untuk melakukan pengontrolan alur dokumen dari masing-masing pegawai atau antar bagian dari suatu perusahaan
Aplikasi groupware ini dapat berjalan pada sebuah jaringan komputer lokal perusahaan yang sering disebut dengan intranet, atau jaringan global yang disebut internet atau pada sebuah jaringan extranet. Aplikasi ini menggunakan media web sebagai jalur komunikasi antar penggunanya sehingga setiap orang yang terhubung dengan internet bisa menggunkan teknologi groupware ini.

APLIKASI GROUPWARE
1.       Microsoft Net Meeting
Salah satu program groupware konferensi terbaik dan banyak digunakan adalah Microsoft NetMeeting yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Denga NetMeeting ini karyawan bisa melakukan sebuah sesi konferensi yang dapat diikuti oleh orang-orang yang terhubung pada network perusahaan.

Dengan NetMeeting karyawan bisa melakukan rapat tanpa harus meninggalkan ruangan kantor atau komputer kerja mereka. Karyawan bisa berbicara dan berhubungan secara langsung dengan siapapun yang terhubung pada intranet perusahaan. Apakah dia berada pada suatu departemen, satu gedung atau pada gedung yang lain tanpa harus memperisapkan diri menuju ke lokasi rapat. Satu-satunya yang harus dipersiapkan adalah adalah waktu bersama yang dapat dipakai oleh semua partisipan konferensi tersebut.
Beberapa fasilitas yang diberikan NetMeeting :
§  Menelepon atau menghubungi orang lain
§  Menggunakan sarana audio & video untuk bercakap-cakap
§  menggunakan program bersama
§  Menggunakan whiteboard
§  menggunakan Chart


2.       Zimbra 
Zimbra Collaboration Suite (ZCS) adalah sebuah produk groupware yang dibuat oleh perusahan Zimbra, Inc., berkantor pusat di Palo Alto, California, USA. Sofware terdiri dari dua komponen utama klien dan server yang diterbitkan dalam dua versi yaitu versi open-source dan versi yang mendapat dukungan komersil melalui "Zimbra Network" yang mengandung komponen closed-source seperti konektor MAPI proprietari untuk sinkronisasi kalender dengan Outlook.


Klien web untuk ZCS merupakan bagian dari suit kolaborasi dengan fitur penuh yang mendukung email, group calendars dan document sharing menggunakan antarmuka web AJAX yang menyediakan tool tips, drag-and-drop items, dan menu right-click di UI. Kecuali itu tersedia kemampuan pencarian, authoring untuk dokumen daring, seperi juga Mashup "Zimlet" yang semuanya dibangun menggunakan Zimbra Ajax Toolkit. 
Server ZCS menggabungkan komponen dari sejumlah proyek Open Source seperti Postfix, MySQL, OpenLDAP, Jetty, Apache Tomcat, Lucene, Verity, ClamAV, SpamAssassin, AMaViS and Amavisd-new, DSPAM, Aspell, James, Sieve, Perdition mailretrieval proxy dan nginx. Server ZCS dapat dijalankan di aneka distribusi Linux, seperti juga di Sistem Operasi Mac OS X. 
Kelebihan Zimbra
§  Kelebihan Zimbra dibanding dengan pesaingnya adalah interface yang dimilikinya,
§  Punya desktop client sendiri sehingga tidak harus menggunakan web browser,
§  Zimlet, tools untuk mengintegrasikan Zimbra dengan tools lain seperti forum dan lain sebagainya,
§  Reserve Engineering ActiveSync, sehingga bisa terintegrasi dengan gadget seperti Blackberry dsb,
§  Konfigurasi tersimpan   di LADP datasource, dalam satu sisi ini sangat menguntungkan karena tingkat keamanan yang tinggi, disatu sisi ini satu kelamahan pada saat truoble shooting,
§  Selama kebutuhannya terpenuhi Zimbra sangat mudah untuk diinstall,
§  Ajax-Base Technology
Kelemahan Zimbra 
§  Zimbra sebagaimana Microsoft Exchange sendiri, sangat rakus dengan memory,
§  Membutuhkan koneksi yang sangat cukup agar bisa nyaman menggunakan tool ini,
§  Tidak dapat disandingkan didalam satu mesin dengan Webserver yang sudah ada karena Zimbra memiliki tool sendiri untuk melakukan hal ini,
§  Membutuhkan akun root, sehingga tidak dapat diinstal di hosting server seperti Dreamhost dll.

3.       Tine 2.0
 Tine 2.0 adalah business software package dengan tipe lisensi open source. Aplikasi ini masuk ke dalam kategori groupware dan Customer Relationship Management (CRM). Aplikasi ini merupakan platform yang independen dan diimplementasikan sebagai Service Oriented Architecture (SOA) yang terdiri dari dua bagian penting yaitu komponen server yang digunakan untuk master data source, ditulis dengan menggunakan PHP, dan menggunakan database SQL sebagai central data storage. Untuk komponen Client yang digunakan sebagai graphical user interface (GUI) yang ditulis dalam Javascript dan dijalankan menggunakan web browser. 

Tine 2.0 menggunakan  API pada software libraries ExtJS dan Zend Framework untuk membuat model open architecture Rapid Application Development. Beberapa fitur yang dimiliki adalah Calendar, IMAP webmail client, CRM, Task management, Timer Tracker, bisa disinkronisasi dengan mobile devices, terintegrasi dengan VoiP (click to dial), course management untuk sekolah. 
Tine 2.0 memiliki fitur sebagai berikut ;
§  Form yang produktif, Tine 2.0 dirancang untuk mengoptimalkan produktivitas diantaranya penghematan waktu dan biaya. Form yang dirancang merupakan hasil penelitian dari berbagai kebutuhan perusahaan, yang efektif dalam penggunaan, cepat dan menyenangkan. Dalam hal ini akan memberikan motivasi bagi pekerja untuk tetap bersemangat dalam merawat data terupdate.
§  Administrasi hak yang lengkap, Setiap folder dapat diatur hak aksesnya dan setiap user maupun user group juga dapat diberikan hak akses.
§  Multi bahasa, Dukungan terhadap multi bahasa. Hingga kini telah terdapat 9 bahasa yang dapat digunakan termasuk struktur seperti china "hanzi". Juga terdapat pengaturan waktu wilayah (timezone).
§  Tampilan seperti program desktop, dengan dukungan Javascript yang memberikan Rich Internet Applications (RIA) maka web aplikasi ini serupa dengan program desktop applications. Untuk mengakses data perlu klik dan edit. Serta dukungan shortcut untuk produktivitas dan penghematan waktu. Kemampuan untuk pengurutan data dan filtering. Pencarian data dengan fitur auto-complete. Fungsi klik Menu bahkan dengan klik kanan sekalipun. Penggunaan multi folder dan shared folder untuk kebutuhan personal maupun organisasi
§  Advanced Search
§  Dynamic List
§  ActiveSync, sinkronisasi dengan perangkat mobile, terknoneksi secara langsung untuk update data kontak diantara web dan mobile. Dengan tambahan kemampuan PUSH action yang memampukan pengiriman data secara langsung ke perangkat mobile.
§  Log aktivitas, semua aktivitas tercatat dan terekam/tersimpan dalam bentuk log, selain itu data aktivitas juga dapat ditambahkan secara manual.
§  Export ke PDF, Kemampuan untuk mengekspor data dokumen ke bentuk pdf.  





sumber:






0 komentar:

Posting Komentar

indrinovii. Diberdayakan oleh Blogger.

news Studentsite

kamu pengunjung ke-

follow blog aku yaa :)

AUXILIARY 2010

AUXILIARY 2010

Full TAW ISE

Full TAW ISE
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from iin.indrinoviyanti. Make your own badge here.