contoh soal SIA



Berikut beberapa soal SIA (Sistem Informasi Akuntansi) yang diberikan oleh dosen saya. Semoga bermanfaat J
1.    Di bioskop, ada seorang pegawai yang biasanya bertanggung jawab untuk memberikan karcis & menerima uang, sementara pegawai lainnya mengumpulkan karcis saat penonton memasuki bioskop. Apa alasan kegiatan in?

Jawab:
Kegiatan pemisahan tugas tersebut berhubungan dengan pembagian tanggung jawab ke beberapa pegawai dengan tujuan agar setiap pegawai bertanggung jawab atas pekerjaan yang dibebankan kepadanya, sehingga transaksi-transaksi menjadi lebih efisien dalam pengesahan & pencatatan transaksinya, serta menjaga keamanan aset dalam bioskop tersebut.

2.    Banyak restoran yang menggunakan nota pesanan pelanggan yang telah diberi nomor terlebih dahulu. Setia pelayan diberikan nota ini untuk menulis pesanan pelanggan. Pelayan diberi tahu untuk tidak membuang satupun nota pelanggan tersebut. Apabila terjadi kesalahan, pelayan harus membatalkan nota tersebut & menulis yang baru. Setiap hari seluruh nota yang dibatalkan akan dikembalikan ke manajer. Bagaimana cara kebijakan ini dapat membantu restoran untuk mengendalikan penerimaan kas nya?

Jawab:
Cara kebijakan tersebut dapat membantu restoran dengan tujuan:
§  Adanya pencatatan & penyimpanan dokumentasi penjualan sebagai bukti transaksi penjualan.
§  Adanya keteraturan dalam pelayanan, pesanan, dan prioritas berdasarkan waktu pesanan.
§  Nota yang dibatalkan akan dikembalikan kepada manajer untuk mempermudah verifikasi pencatatan / dokumetasi berdasarkan nota yang dibatalkan tersebut.
§  Nota yang dibatalkan membantu restoran dalam mengendalikan penerimaan kas-nya dengan melihat pencatatan nota yang salah. Manajer akan mampu menilai kinerja masing-masing pelayan, sehingga dalam peningkatan kualitas restoran dapat dilihat dari kesalahan-kesalahan yang terjadi.






0 komentar:

Posting Komentar

indrinovii. Diberdayakan oleh Blogger.

news Studentsite

kamu pengunjung ke-

follow blog aku yaa :)

AUXILIARY 2010

AUXILIARY 2010

Full TAW ISE

Full TAW ISE
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from iin.indrinoviyanti. Make your own badge here.