Resume Kelompok 2
Perilaku Konsumen
v Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan oleh konsumen dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap dapat memuaskan kebutuhan mereka.
Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen:
a) Faktor Eksternal
faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, strategi marketing, dan kelompok referensi.
b) Faktor Internal
seperti motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian dan belajar
v Pendekatan Perilaku Konsumen
1. Pendekatan Kardinal atau Cardinal Approach
Pendekatan kardinal kepuasan seorang konsumen diukur dengan satuan kepuasan (misalnya:uang).
Besarnya nilai kepuasan akan sangat bergantung pada individu yang bersangkutan. Tingkat kepuasan konsumen terdiri dari dua konsep yaitu kepuasan total adalah kepuasan menyeluruh yang diterima oleh individu dari mengkonsumsi sejumlah barang atau jasa. Dan kepuasan tambahan adalah perubahan total per unit dengan adanya perubahan jumlah barang atau jasa yang dikonsumsi.
2. Pendekatan Ordinal atau Ordinal Approach
Pendekatan Ordinal daya guna suatu barang tidak perlu diukur, cukup untuk diketahui dan konsumen mampu membuat urutan tinggi rendahnya daya guna yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok barang.
v Konsep Elastisitas
Elastisitas adalah perbandingan perubahan proporsional dari sebuah variable dengan perubahan variable lainnya.
4 konsep elastisitas yang umumnya dipakai dipakai dalam teori ekonomi mikro:
1) Elastisitas Harga Permintaan (Ed)
Untuk mengetahui besarnya perubahan jumlah barang yang diminta akibat adanya perubahan harga barang itu sendiri.
KRITERIA UKURAN
· Ed > 1 : Elastis
· Ed < 1 : In Elastis
· Ed = 1 : Unitary atau seimbang
· Ed = 0 : In Elastis Sempurna
· Ed = ~ : Elastis Sempurna
2) Elastisitas Penawaran (Ws)
Untuk mengukur besarnya prosentase perubahan jumlah barang yang di tawarkan akibat adanya perubahan harga barang yang bersangkutan.
3) Elastisitas Silang (Ec)
Untuk mengukur besarnya kepekaan permintaan suatu barang jika harga barang lain yang berubah.
4) Elastisitas Pendapatan (Ey)
Untuk mengukur perubahan jumlah barang yang diminta akibat dari adanya perubahan pendapatan.
Contoh Elastis :
- Laptop
- Perhiasan
- Kendaraan
Contoh In elastis :
- Bahan baker
- Makanan
- Kebutuhan rumah tangga
11:20:00 AM
|
Label:
tugas
|
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
indrinovii. Diberdayakan oleh Blogger.
- Gunadarma University
- Baak Online
- StaffSite Universitas Gunadarma
- StudentSite Gunadarma
- Virtual Class Universitas Gunadarma
- LePKom Gunadarma
- iLab Gunadarma
- Laboratorium Fisika Gunadarma
- Lab Manajemen Lanjut Gunadarma
- UG Conference
- Perpustakaan Universitas Gunadarma
- FIKTI Universitas Gunadarma
- UG Knowledge Based portal
news Studentsite
kamu pengunjung ke-
follow blog aku yaa :)
Facebook ku :)
AUXILIARY 2010
Full TAW ISE
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from iin.indrinoviyanti. Make your own badge here.
0 komentar:
Posting Komentar